Senin, 10 Januari 2011

Perintah Suara di Windows 7




Tahukah kalian bahwa pada Windows 7 terdapat fitur atau program untuk melakukan voice command atau perintah suara? Jadi Windows 7 akan  melakukan semua perintah suara yang kita berikan. Ya mungkin tidak semua perintah sih, hanya perintah2 yang sudah dikenali Windows 7 saja, seperti membuka dan menutup program, melakukan beberapa pengaturan Windows, mematikan komputer (perintah shutdown), berpindah dari satu program ke program lain, dan masih banyak lagi perintah suara yang bisa dilakukan. Bahkan kita bisa menulis dalam Text dokumen (Notepad) atau Word dokumen (Wordpad) hanya dengan memberikan perintah suara, apa yang kita ucapkan akan ditulis dalam Notepad atau Wordpad. Tanpa menggunakan mouse ataupun keyboard, semua dilakukan hanya dengan voice command atau perintah suara.




Tapi harus diketahui bahwa perintah suara yang kita berikan itu harus dalam bahasa Inggris, itupun pengucapannya harus tepat, sebab jika pengucapan tidak tepat maka Windows tidak bisa mengenali ataupun malah salah tangkap dengan apa yang kita ucapkan. Jadi jika kalian2 termasuk yang fasih Bahasa Inggris, hal seperti ini dapat dilakukan tanpa hambatan. Akan tetapi bagi kalian yang tidak fasih bahasa Inggris (seperti aku ini) jangan minder dulu, hal ini bisa dicoba pelan2 kok. Ada tutorial dan trainingnya. Pokoknya asyik untuk dicoba.

Nama program Windows 7 ini adalah Speech Recognition, bisa dibuka melalui Control Panel. Sebenarnya program Speech Recognition ini sudah ada pada Windows Vista sih. Tapi yang akan dibahas saat ini adalah Speech Recognition pada Windows 7. Program ini bisa diatur untuk berjalan saat windows start up. Jadi setelah kita menghidupkan komputer, tanpa mouse atau keyboard, langsung kita melakukan aktivitas komputer hanya dengan perintah suara.



Caranya begini :

  1. Aku sarankan saat melakukan perintah suara ini sebaiknya kalian menggunakan Headset yang ada microphone nya, dengan headset, inputan suara yang kita berikan akan terasa lebih jelas untuk dikenali oleh Windows.
  2. Masuk ke Control Panel, klik start, control panel. Ubah tampilan Control Panel manjadi large icon, caranya, klik pada view by, ganti pilihan menjadi large icons. Kemudian dari isi Control Panel, pilih Speech Recognition. 




 3. Dari beberapa pilihan, yang pertama harus kita lakukan adalah mengatur microphone dahulu, untuk tes apakah  microphone kita berfungsi dengan normal apa tidak.

4. Masuk pada Set Up Microphone, pilih headset microphone, kemudian next sampai pada kalian disuruh mengucapkan kata yang tertulis "Peter dictates to his computer. He prefers........" . Ucapakan dengan benar sehingga Windows  mengetahui kalo headset/ microphone kita berfungsi dengan baik.

Klik next kemudian finish.
  5. Langkah berikutnya adalah, masih dalam jendela konfigurasi Speech Recognition, masuk pada Train Your Computer To Better understand You. Dalam menu ini, ucapkan semua apa yang tertulis di sana sampai selesai dan Windows mengenali dengan baik suara kalian

 6. Setelah selesai kembali ke jendela konfigurasi Speech Recognition, langkah berikutnya adalah masuk pada Take Speech Tutorial untuk mempelajari trik2 dan cara2 apa saja yang harus dilakukan untuk bisa menguasai voice command. Di sini kalian akan disuruh mengeja atau mengucapkan semua kalimat yang tertulis dengan tepat ejaan. Lakukan semua apa yang diperintahkan sampai selesai. (wah, di sini kayak les bahasa inggris aja loh).

 7. Setelah tutorial selesai, baru kita lanjutkan ke prakteknya. Sekarang masuk pada Start Speech Recognition. Lakukan semua perintah suara yang telah kalian pelajari dalam tutorial tadi. Ucapkan dengan benar agar Windows mengenali perintah yang kalian ucapkan.

1 komentar:

  1. Thanks Bro bermanfaat
    silakan http://www.informasihumancomtrainingcenter.gq/

    BalasHapus

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Punky Blog - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger